Biaya Pengurusan SKK

Biaya Pengurusan SKK

Biaya Pengurusan SKK

Tahukah Anda berapa total biaya pengurusan SKK yang harus tersedia? Bertanya tentang biaya merupakan hal lumrah bahkan untuk pengurusan sertifikasi bangunan. Tandanya, Anda perhatian dengan anggaran dan pengeluaran pribadi atau milik perusahaan.

Berapa Biaya Pengurusan SKK Sampai Terbit?

Biaya pengurusan SKK pada dasarnya mengacu pada biaya retribusi Pemerintah Daerah. Besar kecilnya biaya yang harus Anda atau perusahaan keluarkan tergantung dari biaya retribusi daerah atau domisili bangunan Anda berada.

Tidak menutup kemungkinan biaya penerbitan SKK Jakarta berbeda dengan Jogja atau Surabaya. Ingin mengetahui kisaran pasti biaya penerbitan SKK? Cara termudah yang bisa Anda lakukan adalah dengan membuka Perda yang saat ini berlaku.

Langkah kedua adalah berkonsultasi bersama jasa pengurusan SKK. Perusahaan jasa terpercaya biasanya memiliki banyak konsultan ahli yang mampu menjawab pertanyaan Anda dengan cepat dan tepat.

Menemukan jasa pengurusan SKK juga bukan hal yang mudah karena setiap kota atau daerah memiliki layanan yang ahli dan terampil. Anda hanya perlu membuka wawasan dan meningkatkan hubungan relasi supaya berkenalan dengan penyedia jasa terbaik.

Selain memperoleh informasi mengenai update biaya pengurusan SKK, dapatkan juga informasi mekanisme pengurusan sertifikatnya berikut:

  • Mengumpulkan Berkas Persyaratan

Langkah pertama adalah mengumpulkan seluruh berkas persyaratan. Apa saja berkas persyaratannya? Jawabannya sangat banyak termasuk proposal teknis.

  • Membuat Surat Permohonan

Selain melampirkan berkas persyaratan pemohon juga wajib melampirkan surat permohonan bermeterai. Buat surat permohonan ini dengan kesadaran penuh dan jangan lupa bubuhi tanda tangan Anda.

  • Mengajukan Pendaftaran

Serahkan permohonan dan berkas persyaratan untuk pendaftaran SKK. Tanpa penyerahan berkas akan sulit bagi petugas untuk menilai kelengkapan dan kevalidannya.

  • Proses Verifikasi Berkas

Proses keempat adalah verifikasi atau pemeriksaan berkas guna memastikan tidak ada dokumen yang keliru atau tertinggal.

  • Peninjauan Lapangan

Petugas DPMPTSP juga perlu melakukan peninjauan ke lapangan untuk menilai status keselamatan kebakaran gedung pemohon.

  • Membayar Biaya Retribusi

Silahkan bayar biaya pengurusan SKK terbaru. Uang yang Anda bayarkan akan menjadi hak milik pemerintah daerah.

  • Penerbitan SKK

Tunggu hingga SKK milik gedung bangunan siap dan dapat Anda ambil.

Syarat Membuat SKK Agar Bisa Diterbitkan

  • IMB

Salah satu persyaratan wajib yang harus Anda penuhi selain dana untuk membayar biaya retribusi adalah IMB. Bangunan tidak bisa memiliki SKK bila tidak jelas asal usulnya. Buat IMB sesuai prosedur dan persyaratan yang tertera.

  • SLF

Sama seperti IMB, berkas bangunan lainnya yang harus Anda miliki adalah SLF. Kepemilikan SLF menandakan jika bangunan Anda laik fungsi dan bisa menampung banyak orang tanpa masalah.

  • NPWP

Persyaratan ini biasanya hanya petugas tanyakan jika peserta adalah badan usaha/badan hukum.

  • KTP/ Kartu Identitas Lainnya

Bawa KTP/KK pemohon yang bertanggung jawab dalam pengurusan penerbitan SKK bangunan tersebut. Khusus untuk WNA, dokumen yang perlu Anda siapkan antara lain paspor/VISA/KITAS.

  • Sertifikat Kepemilikan Lahan/Bangunan

Belum cukup dengan IMB, peserta juga harus memiliki akta tanah atau sertifikat milik bangunan. Lampirkan sertifikat perjanjian sewa menyewa jika lahan atau bangunan adalah milik orang lain. Biaya pengurusan skk

  • Surat Permohonan Bermeterai

Mungkin tampak sepele namun surat permohonan juga sama pentingnya dengan berkas persyaratan lainnya. Anda harus membuat surat pernyataan ini dengan baik dan benar sesuai format yang ada.

  • Dokumen Pendukung Lainnya

Lampirkan dan siapkan juga beberapa dokumen persyaratan pendukung. Mintalah jasa pengurusan SKK untuk mengurus dokumen ekstranya.

Membuat SKK menjadi jauh lebih cepat dan instan jika Anda mendapatkan bantuan dari tenaga terampil perusahaan jasa. Minta bantuan mereka untuk mengetahui besaran biaya pengurusan SKK sekaligus mengurus sertifikatnya.

Baca Juga : Syarat Membuat SLO

Info lebih lanjut silahkan hubungi kami di :

Email : info@konsultanku.com

CALL / WA : 0812-9288-9438 Catur Iswanto

Phone : 021-21799321