Andalalin

andalalin

Pengertian Andalalin

Mendengar kata andalalin (analisis dampak lalu lintas), pasti masih terasa asing bagi sebagian orang. Hal ini tidak heran, karena proses pembangunan kota dan desa di Indonesia masih belum semaju negara – negara Eropa.

Namun dengan perkembangan teknologi serta kajian tentang tata letak kota, analisis dampak lalu lintas kini menjadi konsentrasi sendiri. Terlebih sebelum membangun berbagai gedung untuk kepentingan pribadi maupun publik.

Analisis dampak lalu lintas sendiri memiliki fokus kajian pada pembangunan serta dampaknya dengan sistem transportasi yang telah ada. Tidak bisa mengelak bahwa adanya suatu bangunan, tentunya berpotensi mendatangkan arus baru.

Contohnya ketika membangun sebuah mall atau cafe pada kawasan tertentu, dulunya sepi bisa menjadi sangat ramai. Apabila tidak bersama dengan kesiapan sistem transportasinya, seluruh kota akan terdampak oleh pembangunannya.

Urgensitas dan Pentingnya Melakukan Andalalin

Untuk mengilustrasikan pentingnya melakukan kajian ini, bisa membayangkan situasi berikut. Ketika sedang perjalanan menuju kantor, tiap hari harus mengalami kemacetan, salah satunya penyebabnya adalah pembangunan gedung.

Tidak ada upaya pengalihan jalan atau pembentukan jalur alternatif, sehingga terjadi penumpukan kendaraan. Akibatnya waktu tempuh yang seharusnya cukup hanya 30 menit menjadi satu jam setengah sendiri.

Kondisi tersebut merupakan salah satu dampak dari adanya proses pembangunan ketika sedang berlangsung. Kajian ini tidak hanya selesai ketika pembangunan saja, melainkan pasca pembangunannya juga.

Fasilitas umum seperti mall, gedung, apartemen, pusat perbelanjaan, tentunya dapat mendatangkan arus lalu lintas. Hingga menyebabkan terdampaknya sistem transportasi yang telah ada. Untuk meminimalisir, perlu melakukan kajian terlebih dahulu.

Setiap tahunnya pembangunan selalu terjadi, hal ini sesuai dengan keinginan suatu negara untuk mengembangkan pelayanan pada masyarakatnya. Selain itu juga menunjukkan perkembangan peradaban dari suatu negara.

Untuk menghindari adanya tata letak serta menghindari dampak yang berlipat ganda. Analisis dampak lalu lintas perlu dilakukan, sehingga mampu mengkaji potensi masalah baru serta merumuskan bagaimana pemecahannya.

Selain itu juga dapat melakukan sinkronisasi pembangunan berkelanjutan, tidak hanya ramah lingkungan, tetapi juga memberikan kenyamanan bagi warganya. Salah satu indikator kota maju adalah tata letaknya teratur dan terbebas masalah lalu lintas.

Membiarkan pembangunan sembarangan tentunya berdampak pada tata kota yang tidak teratur. Gambaran paling sederhananya adalah ketika ingin ke tempat – tempat umum harus menghadapi kemacetan atau harus memutar jauh.

Lalu Lintas Menjadi Cerminan Sebuah Kota

Mengamati kota – kota besar pada Eropa, meskipun banyak perkotaannya padat, namun sangat jarang menemui kemacetan seperti negara Indonesia. Susunan bangunan, alur lalu lintasnya, benar – benar memperhitungkan dengan matang.

Efeknya adalah transportasi menjadi lebih cepat, mudah, serta tidak melelahkan. perjalanan menggunakan transportasi umum juga bisa teroptimalkan, mulai dari menentukan rute, tarif, hingga estimasi kedatangannya.

Mungkin membandingkan perkotaan besar pada negara Indonesia dengan Eropa belum seimbang, karena tingkat kepadatannya berbeda jauh. Coba bandingkan dengan kota kecil Indonesia yang memiliki kepadatan lebih rendah.

Permasalahan lalu lintas dan transportasi juga menjadi kendala besar. Terutama tempat yang dekat pusat perbelanjaan, selalu terdapat problem pada transportasinya. Padahal seharusnya bisa mengelola sehingga tidak sampai menimbulkan permasalahan.

Salah satu upaya memperbaiki adalah melakukan analisis dampak lalu lintas pada pembangunan – pembangunan yang ada pada negara Indonesia. Memfokuskan pada pembangunan fasilitas umum, seperti mall, pusat perbelanjaan, dan lainnya.

Langkah ini untuk menjadikan Indonesia memiliki tata ruang yang baik. Meningkatkan kenyamanan masyarakat, serta memberikan peluang berkembangnya tren menggunakan transportasi umum.

Pembangunan memang tidak bisa berhenti, selain melengkapi fasilitas untuk masyarakat juga menjadi bukti kemajuan sebuah bangsa. Namun pengelolaan dan kajian matang sangat perlu, salah satunya andalalin agar meminimalisir dampaknya.

Baca Juga : Jasa Pengurusan SIUJK paket 9 Jt Beres

Info lebih lanjut silahkan hubungi kami di :

Email : info@konsultanku.com

CALL / WA : 0812-9288-9438 Catur Iswanto

Phone : 021-21799321