Surat Keterangan Peil Banjir

Surat Keterangan Peil Banjir

Bagi Anda yang Belum Tahu Mengenai Surat Keterangan Peil Banjir Yuk Simak Artikel Berikut

Bagi anda yang berencana untuk mendirikan bangunan entah itu untuk tempat tinggal atau usaha,anda harus memenuhi  beberapa ketentuan. Khususnya bagi anda yang akan melakukan pembangunan daerah padat penduduk maka  surat keterangan peil banjir menjadi hal yang cukup penting. Untuk anda yang masih awam soal ini, mari perhatikan beberapa penjelasan yang akan saya bagikan.

Pengertian Surat Keterangan Peil Banjir

Definisi dari Peil Banjir adalah ketinggian minimal yang harus dicapai suatu bangunan untuk memastikannya tetap aman saat terjadi banjir. Perhitungan ketinggian tersebut terukur berdasarkan patokan dari permukaan tanah. Penentuan ketinggian minimal ini bisa berbeda-beda antara bangunan yang 1 dengan yang lain bergantung pada lokasi di mana bangunan tersebut akan berdiri.

Dari definisi itulah, surat keterangan peil banjir menjadi penting bagi anda yang akan mendirikan bangunan sebagai bukti pertanggungjawaban. Anda harus memenuhi beberapa persyaratan yang cukup rumit  terlebih dahulu sebelum bisa mendapatkan surat yang berasal dari pemerintah daerah setempat tersebut.

Maka dari itulah seperti yang sudah anda lihat pada awal artikel bahwa surat ini penting untuk daerah yang padat penduduk. Daerah tersebut tentu area resapan airnya juga semakin minim sehingga lebih berisiko terjadi banjir seperti Jakarta contohnya. Untuk lingkup kota Jakarta ,  pihak yang berwenang menerbitkan surat ini adalah Dinas Tata Air atau Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air.

Dasar hukum

Tentunya dalam membuat kebijakan publik, harus ada landasan hukum yang sah mendasarinya. Begitupula dengan kebijakan surat keterangan peil banjir sebagai salah 1 persyaratan  untuk mendirikan bangunan. Ada beberapa dasar hukum yang memayunginya yaitu :

  1. Perundang-undangan nomor 28 tahun 2002 yang mengatur tentang pendirian sebuah gedung

  2. Hukum yang mengatur segala sesuatu tentang penataan ruang yang tertuang dalam peraturan pemerintah no.15 tahun 2010

  3. Peraturan Pemerintah nomor 25 tahun 2018 yang berisi serba-serbi pemberian izin untuk mendirikan usaha yang terintegrasi secara elektronik

  4. Peraturan Presiden Nomor 71 tahun 2012 mengenai hal-hal penting yang harus masyarakat perhatikan dalam pengadaan tanah untuk keperluan pembangunan

  5. Lalu peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 20 tahun 2011 yang berfungsi sebagai pedoman  penyusunan detail dari tata ruang wilayah kabupaten/kota.

  6. Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 116 tahun 2017 tentang landasan dalam pengoordinasian tata ruang daerah

  7. Peraturan oleh Menteri Agraria dan Tata Ruang/ Kepala BPN RI nomor 14 tahun 2018 mengenai prosedur dalam pengurusan izin lokasi

Aturan mengenai sarana, prasarana, dan/atau fasilitas layak yang mendukung berdirinya suatu tempat usaha. Contohnya seperti :
  1. Ruang tunggu

  2. Toilet

  3. Lapangan parkir untuk mobil dan motor dinas

  4. Perabot seperti meja dan kursi, ruangan arsip, rak arsip,AC, komputer dan sistem jaringan yang terintegrasi, internet, alat tulis kantor.

  1. Kompetensi petugas verifikasi

Pemberian surat keterangan bebas banjir ini cukup vital karena menyangkut kepentingan umum dan menyangkut nama baik instansi pemerintah. Bila nanti pada saat banjir, ada bangunan yang rusak akibat tidak memenuhi standar pasti instansi terkait yang kena getahnya. Oleh karena itulah petugas verifikasi harus memiliki kompetensi seperti :

  1. Memahami secara detail peraturan perundangan-undangan yang berlaku. Khususnya dalam orientasi pengembangan wilayah dan lingkungan hidup

  2. Mampu bekerja dalam tekanan

  3. Mampu bekerja sama dalam tim

  4. Mahir mengoperasikan komputer khususnya pada aplikasi-aplikasi yang berhubungan dengan denah dan tata letak. Salah 1 komponen penting yang menentukan kelayakan apakah pemohon berhak mendapatkan surat keterangan peil banjir

Baca Juga : Jasa Pengurusan SIPA

Info lebih lanjut silahkan hubungi kami di :

Email : info@konsultanku.com

CALL / WA : 0812-9288-9438 Catur Iswanto

Phone : 021-21799321