+621 72734224 info@konsultanku.com

SLF Bangunan

Jenis SLF Bangunan dan Komponen Pemeriksaannya

Sosialisasi mengenai SLF bangunan masih belum merata. Banyak yang tidak memahami apa itu SLF, beberapa orang bahkan mengaku baru pertama kali mendengar istilah tersebut. Padahal SLF merupakan sertifikat penting dan wajib bagi pemilik gedung bangunan. Tidak memiliki SLF sama dengan menyalahi peraturan pemerintah akan kelaikan fungsi bangunan.

Jenis-jenis bangunan yang membutuhkan SLF

  1. Perkantoran

Indonesia merupakan negara yang besar dengan jumlah penduduk terbanyak ke-4 di dunia. Otomatis gedung perkantoran yang dibutuhkan sangat banyak guna membantu pembangunan negeri sekaligus menciptakan lapangan pekerjaan. Coba  Anda bayangkan jika semua gedung perkantoran di tanah air tidak memiliki SLF?

Tentunya kantor tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Tidak bisa dibuka dan digunakan sebagaimana seharusnya. Itulah mengapa SLF sangat penting bagi gedung perkantoran. Saat kantor-kantor berhenti beroperasi, keuangan negara ikut terpengaruh.

  1. Fasilitas Publik

Contoh SLF bangunan gedung rumah sakit, stasiun kereta api, gedung olahraga, dan lainnya merupakan contoh gedung fasilitas publik yang wajib dibuatkan SLF. Bayangkan, banyaknya kerugian yang diterima ketika rumah sakit bobrok digunakan untuk merawat pasien.

Selain berisiko tinggi pada keselamatan pasien, gedung rumah sakit tak laik fungsi juga membahayakan petugas medis. Ketika gedung rumah sakit runtuh otomatis gedung di sekitarnya akan ikut terdampak.

  1. Gedung Perdagangan

Hal yang sama juga berlaku bagi gedung perdagangan termasuk gedung skala kecil seperti pertokoan atau ruko. Maupun gedung perdagangan skala besar seperti pusat perbelanjaan.

Jika semua gedung perdagangan tidak memegang SLF, masyarakat tidak bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari. Begitu pula pemilik gedung yang tidak bisa mendapatkan keuntungan.

  1. Apartemen

Contoh SLF bangunan bertingkat seperti apartemen mungkin memiliki beberapa perbedaan mencolok dengan gedung tempat tinggal. Mengapa demikian? hampir semua apartemen memiliki lantai lebih dari 8 dengan jumlah unit mencapai ribuan. Sementara hunian tempat tinggal dibuat lebih sederhana .

Alasan utama gedung apartemen membutuhkan SLF karena gedung digunakan sebagai hunian komersil. Banyak orang yang tinggal di apartemen karena mencari keamanan, kenyamanan dan privasi. Saat gedung apartemen memiliki SLF, artinya gedung tersebut sudah laik huni.

  1. Perindustrian

Di bidang industri seperti industri skala kecil, menengah dan besar juga wajib menerbitkan SLF. Tanpa SLF, industri apa pun tidak bisa dijalankan secara legal. Pemerintah tidak akan segan memberikan sanksi pada pengusaha industri yang terus mengundur pembuatan SLF.

4 Komponen yang diperiksa ketika mengajukan SLF bangunan

  1. Aspek Keselamatan Gedung

Gedung perkantoran wajib memiliki perlengkapan keselamatan standar yang akan membantu karyawan ketika dibutuhkan. Memberikan perlengkapan keselamatan seperti gas pemadam kebakaran akan membantu memadamkan api ketika terjadi bencana kebakaran.

  1. Aspek Kenyamanan Gedung

Yang dimaksud dengan kenyamanan gedung bangunan adalah kenyamanan dan kemudahan untuk bergerak. Selain bisa bergerak dengan nyaman, penghuni gedung bangunan juga bisa melihat bagian luar dengan mudah karena tidak terbatasi dengan dinding. Artinya, gedung bangunan memiliki jendela yang jumlahnya mencukupi.

  1. Aspek Kesehatan Gedung

Gedung yang sehat bisa diidentifikasi dari kualitas udara dan airnya. Jika udara yang terhirup berbau tidak sedap, artinya penghawaan belum sempurna. Begitu pula kondisi air yang buruk menandakan jika kualitas masih di bawah standar.

  1. Aspek Kemudahan Gedung

Gedung yang baik dan laik fungsi harus memiliki pintu keluar dan masuk yang memadai. Misalnya jika gedung sangat besar, usahakan agar membuat pintu lebih dari satu untuk factor kemudahan. Menggunakan satu pintu untuk keluar dan masuk hanya membuat penghuni merasa tidak nyaman dan bebas.

Itulah hal-hal yang harus Anda pelajari mengenai SLF. Informasi lebih lanjut mengenai SLF bangunan, dapatkan hanya di jasa SLF berkualitas dan transparan.

Baca Juga : Mengenal persyaratan penerbitan SLF

Info lebih lanjut silahkan hubungi kami di :

Email : info@konsultanku.com

CALL / WA : 0812-9288-9438 Catur Iswanto

Phone : 021-21799321