SLF adalah

SLF adalah

 

 

Pengertian, Kegunaan dan Masa Berlaku

 

Ketika Anda akan membangun dan menempati bangunan maka harus mempunyai sertifikat dan surat dari pihak yang berwenang. Salah satunya yaitu mempunyai Sertifikat Laik Fungsi (SLF). SLF adalah sertifikat dari Pemerintah Daerah untuk memastikan keandalan suatu bangunan.

Pengertian SLF

 

Izin Sertifikat Laik Fungsi itu apa? Sertifikat Laik Fungsi adalah sertifikat untuk bangunan gedung yang telah memenuhi persyaratan bahwa bangunan tersebut berfungsi dengan baik. Surat ini sekaligus menjadi salah satu bukti legal bahwa bangunan bersangkutan telah memenuhi syarat keandalan suatu gedung.

 

Sesuai dengan UU Nomor 28 tahun 2002 yang membahas tentang Bangunan Gedung, tolak ukur keandalan bangunan terdiri dari beberapa aspek. Mulai dari aspek kenyamanan, keselamatan, dan kemudahan. Bukti bangunan telah andal yaitu mempunyai Sertifikat Laik Fungsi ini.

 

Masa Berlaku SLF

 

Sertifikat Laik Fungsi mempunyai masa berlaku 5 tahun untuk jenis bangunan umum. Sedangkan, untuk bangunan tempat tinggal mempunyai masa berlaku 20 tahun.

 

Apabila masa berlaku Sertifikat Laik Fungsi habis, maka Anda harus mengajukan perpanjangan dengan melengkapi beberapa dokumen lampiran seperti hasil Pengkajian Teknis Bangunan Gedung dari IPTB atau SKA. 

 

Tujuan SLF

 

SLF memiliki beberapa tujuan penting bagi pemilik atau penghuni gedung bersangkutan, antara ain:

1. Memperhatikan Fungsi Bangunan

 

Tujuan SLF yaitu memperhatikan fungsi bangunan sudah sesuai kelayakan dari segala segi. Pemilik bangunan harus memperhatikan segala sesuatunya sebelum mendirikan bangunan agar kedepannya tidak ada masalah.

 

Contohnya, memperhatikan instalasi air dan listrik berfungsi dengan baik dan memperhatikan kondisi kelayakan kesehatan seperti sistem air bersih. Surat ini juga menjamin tata pencahayaan, pembuangan sampah, saluran air hujan, dll pada gedung telah layak dan sesuai.

 

2. Menjamin Bangunan Sesuai Hukum

 

Anda dapat mendaftarkan SLF bangunan yang masih  dalam proses. Jadi tak perlu menunggu bangunan selesai baru mendaftarkan sertifikatnya. Apabila bangunan tersebut telah mempunyai SLF, maka sudah ada jaminan dari hukum yang berlaku.

 

3. Memberikan Kenyamanan pada Penghuni Bangunan

 

Tujuan SLF berikutnya yaitu memberikan kenyamanan kepada para penghuni bangunan. Karena sudah pasti bangunan tersebut memenuhi semua segi kelayakan. Mulai dari kesehatan, keamanan, dan kemudahan fasilitasnya.

 

Beberapa bangunan umum seperti hotel, kantor, dan mall biasanya menempelkan SLF di dinding agar pengunjung merasa lebih aman dan nyaman.

 

4. Menjamin Keselamatan Penghuni

 

SLF berdampak pada keselamatan penghuni bangunan. Namun, sedikit penghuni yang mengetahui tentang bahaya yang mungkin terjadi pada kondisi tertentu.

 

Misalnya, sebuah gedung apartemen terbakar hingga puluhan penyewa terluka dan bahkan meninggal. Lalu ada laporan bahwa alat penyiram api tidak berfungsi dan lift tidak dapat berfungsi selama kebakaran terjadi.

 

Fakta mengungkapkan bahwa apartemen itu tidak bersertifikat Sertifikat Laik Fungsi dan seharusnya sudah tutup beberapa bulan yang lalu. Jadi, pemerintah tidak akan bertanggung jawab atas kerugian pemilik apartemen tersebut. Karena pemiliknya memang tidak mempunyai Sertifikat Laik Fungsi.

Kerugian Tidak Mempunyai SLF

 

Jika bangunan tidak mempunyai Sertifikat Laik Fungsi, maka pemiliknya akan mengalami beberapa kerugian di bawah ini. 

1. Tidak Dapat Menerbitkan AJB untuk konsumen

 

Apabila bangunan Anda tidak mempunyai Sertifikat Laik Fungsi, maka tidak dapat menerbitkan AJB untuk konsumen. Dengan demikian, maka akan mempersulit Anda untuk melakukan jual beli bangunan tersebut.

2. Tidak Dapat Memberikan Fasilitas Mesin ATM

 

Selanjutnya, kerugian bangunan umum yang tidak mempunyai Sertifikat Laik Fungsi yaitu tidak dapat menempatkan mesin ATM di gedungnya. Karena Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mewajibkan kepemilikan SLF jika ingin menempatkan mesin ATM di dalam gedungnya.

 

Faktanya, sekarang ini masyarakat sudah paham dengan makna SLF adalah izin bangunan untuk menjamin kelayakan dan keandalan suatu gedung. Baik milik pribadi maupun untuk keperluan bisnis. Mengingat banyaknya manfaat Sertifikat Laik Fungsi, kini banyak pemilik gedung yang mengurus Sertifikat Laik Fungsi.

 

 

Baca Juga : Syarat Membuat SLO

Info lebih lanjut silahkan hubungi kami di :

Email : info@konsultanku.com

CALL / WA : 0812-9288-9438 Catur Iswanto

Phone : 021-21799321