SIMBG PU

SIMBG PU

 

SIMBG PU

 

Dari sekian banyak istilah yang harus Anda pahami dalam perizinan mendirikan bangunan, salah satunya adalah SIMBG PU. Ada yang sudah tahu makna dari istilah satu ini? Bagi Anda yang hendak mendirikan bangunan dan para pelaku konstruksi, memahami hal ini adalah sebuah kewajiban.

 

SIMBG sendiri sudah memberikan kontribusi yang sangat positif terhadap perkembangan konstruksi dan bangunan di Indonesia. Keberadaan layanan satu ini merupakan salah satu bentuk optimalisasi pemerintah pada sektor pembangunan dan perekonomian masyarakat.

Berikut Mengenal Lebih Jauh SIMBG

 

Hal pertama yang akan kami bahas ini adalah pengertian dari SIMBG Itu sendiri. Sangat penting bagi Anda untuk memahami kalau Sistem Informasi Manajemen Bangunan Gedung atau biasa SIMBG ini adalah sebuah layanan online multifungsi.

 

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat sendiri yang merilis fasilitas tersebut untuk Anda. Layanan satu ini merupakan sebuah fasilitas bagi Pemerintah Daerah untuk memberikan pelayanan dan informasi yang berkaitan dengan bangunan gedung

 

SIMBG adalah sebuah aplikasi berbasis web dengan integrasi yang sangat luas. Aplikasi satu ini memiliki kaitan yang sangat erat dengan Online Single Submission atau OSS. Fitur tersebut bisa memudahkan para pelaku konstruksi untuk mengajukan Sertifikat Laik Fungsi atau SLF dan IMB atau Izin Mendirikan Bangunan.

 

Keberadaan layanan tersebut bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam pengajuan pendirian bangunan mereka sejarah daring. Dengan keberadaan aplikasi satu ini, pengajuan bisa Anda lakukan tanpa terbatasi oleh waktu dan tempat. Anda hanya memerlukan perangkat yang sesuai dan akses internet saja.

 

Dalam pelaksanaannya, sudah pasti ada banyak sekali poin-poin yang berkaitan dengan SIMBG ini antara lain adalah PBG, SLF dan SBKBG. Bagi Anda yang berprofesi sebagai pekerja konstruksi pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah tersebut bukan?

 

Mengenal Istilah PBG, SLF dan SBKBG dalam SIMBG PU

 

Seperti sudah kami jelaskan sebelumnya, fungsi utama dari layanan SIMBG ini adalah untuk mengurus pembuatan PPG, SLF dan SBKBG. Bagi Anda yang terjun dalam dunia kostruksi, istilah tersebut tentu sudah tidak asing lagi bukan?

 

Tapi bagi Anda yang masih awam, penting sekali untuk memahami beberapa istilah tersebut karena masing-masing fungsinya juga sangat berbeda. Agar Anda tidak bingung dalam memahaminya, Silahkan simak penjelasan selengkapnya pada poin-poin berikut ini.

 

  1. PBG

 

Hal pertama yang akan kita bahas adalah PBG. Apa itu PBG dalam SIMBG PU? Istilah satu ini merupakan singkatan dari Persetujuan Bangunan Gedung. PBG merupakan izin yang diberikan oleh pemerintah pusat maupun pemerintah daerah.

 

Izin tersebut berkaitan dengan boleh atau tidaknya seseorang mendirikan bangunan gedung pada sebuah wilayah. Tidak hanya mendirikan saja, izin tersebut juga berkaitan dengan mengurangi atau memperluas wilayah gedung, mengubah konstruksi, atau bahkan merawat sebuah bangunan.

 

  1. SLF

 

Istilah lain yang harus Anda pahami adalah SLF. Ini merupakan singkatan dari Sertifikat Laik Fungsi. Sama seperti sebelumnya, sertifikat ini keluar dari Pemerintah Pusat ataupun Pemerintah Daerah. Tujuan dari sertifikat ini adalah memastikan kelayakan dari sebuah gedung atau bangunan.

 

Tentu saja ada fase pengecekan oleh tim ahli harus pada pengajuan sertifikat satu ini. Setelah kondisinya benar-benar layak dan tidak membahayakan, barulah sertifikat ini bisa rilis. Tentunya tim melakukan pengecekan dan sertifikasi sebelum gedung tersebut Anda manfaatkan.

 

  1. SBKBG

 

Istilah lain yang tidak kalah populer saat kita bicara SMBG PU adalah SBKBG atau Surat Bukti Kepemilikan Bangunan Gedung. Ini merupakan sebuah bukti legal atas kepemilikan gedung dan bangunan.

 

Tentunya masih banyak istilah lain yang harus Anda pahami saat kita bicara layanan online satu ini. Namun tiga istilah yang sudah kami jelaskan tersebut merupakan layanan utama yang bisa Anda akses pada situs SIMBG PU.

 

 

 

Baca Juga : Syarat Membuat SLO

Info lebih lanjut silahkan hubungi kami di :

Email : info@konsultanku.com

CALL / WA : 0812-9288-9438 Catur Iswanto

Phone : 021-21799321