SIMBG

SIMBG

 

Pengertian SIMBG

 

SIMBG adalah aplikasi website yang meluncurkan oleh Kementerian PUPR untuk membantu masyarakat untuk mengurus perizinan pembangunan bangunan atau PBG. PBG secara resmi telah menetapkan sebagai pengganti IMB sejak tahun 2021.

 

Perlu mengingat walaupun sama-sama tentang perizinan pembangunan sebuah bangunan atau gedung ada beberapa perbedaan. Salah satunya mengenai sanksi administratif, jika pada IMB Anda tidak akan memberikan sanksi jika bangunannya diubah fungsinya.

 

Tetapi, pada PBG jika bangunannya mengubah fungsi tetapi tidak melapor pemiliknya akan mengenakan sanksi administratif biasanya berupa denda atau pencabutan izin. Banyak orang yang mengeluh karena pengurusannya memakan waktu yang lama.

 

Alasan Pentingnya Memiliki PBG

 

PBG adalah perizinan untuk pemilik bangunan gedung atau rumah untuk membangun bangunan baru, mengubahnya, sampai merawatnya sesuai dengan standar teknisnya. PBG ini merupakan pengganti resmi dari IMB.

 

Kementerian PUPR telah menyiasatinya dengan meluncurkan aplikasi SIMBG atau sistem informasi manajemen bangunan gedung. Pada aplikasi tersebut semua warga Indonesia bisa mengurus PBG dengan praktis yang terpenting persyaratannya sudah lengkap. Ketahuilah, beberapa alasan penting untuk Anda mengurus PBG Indonesia sebagai berikut.

 

  1. Transaksi jual beli bangunan rumah/gedung menjadi lebih mudah

 

Dengan memiliki surat dan dokumen perizinan yang lengkap membuat proses transaksi penjualan atau persewaan menjadi lebih mudah. Tetapi jika seorang pemilik tidak memiliki surat izin ini wajib membayar denda sebanyak 10% dari nilai bangunannya.

 

  1. Mendapatkan perlindungan hukum

 

Alasan lainnya yang mewajibkan Anda mengurus PBG sistem informasi manajemen bangunan gedung adalah untuk mendapatkan perlindungan hukum yang jelas. Sehingga ketika ada pihak ketiga yang berusaha untuk merampasnya, Anda sudah memiliki perlindungan hukum yang jelas.

 

  1. Harga jual menjadi tinggi

 

Adanya surat dan perizinan yang sudah resmi membuat nilai bangunan menjadi meningkat. Sehingga ketika harus menjualnya kembali, Anda akan mendapatkan keuntungan yang lebih besar daripada harga beli sebelumnya.

 

Cara Daftar Akun di SIMBG untuk Mengurus PBG

 

Untuk mengurusnya sangat mudah, Anda sudah bisa mengajukan permohonannya melalui daring dari aplikasi ini. Aplikasi ini merupakan bentuk usaha dari kementerian PUPR.

 

Hal ini untuk mengatasi lamanya proses pengajuan Persetujuan bangunan gedung. Berikut ini cara daftar akun pada aplikasinya dengan mudah untuk mengurus PBG lewat Sistem informasi manajemen bangunan gedung.

 

  1. Masuk ke browser

 

Buka browser lalu masuk ke websitenya simbg.pu.go.id, ketika sudah terbuka akan terlihat “daftar” untuk melakukan pendaftaran akun dengan mudah secara daring.

 

  1. Pilihlah sebagai daftar sebagai pemohon

 

Karena Anda berniat untuk melakukan pengajuan, Anda daftarlah sebagai pemohon. melanjutkan dengan mengisi email serta sandinya. Buat kata sandi yang mudah mengingat tetapi sulit Anda tebak. Setelah itu isi form pendaftaran dengan data yang benar setelah itu isilah kode keamanan dan kirim.

 

  1. Verifikasi

 

Setelah mengisi formulir, Anda akan melakukan verifikasi akun lewat alamat email. Caranya mudah tinggal buka kotak masuk yang ada pada akun email Anda. Klik pesan yang berasal dari SIMBG, klik link yang ada pada email tersebut akan mengarah pada halaman utama kembali.

 

  1. Melengkapi data diri pemohon untuk menyelesaikan proses pendaftaran

 

Setelah masuk ke halaman utamanya, satu step terakhir adalah melengkapi data diri lagi sebelum melakukan pengajuan Persetujuan Bangunan Gedung pada aplikasi tersebut. Setelah selesai melengkapi semua datanya klik simpan.

 

Dan setelah menyelesaikan tahapan untuk mendaftarkan akun pada aplikasi buatan kementerian PUPR tersebut. Anda baru bisa melakukan pengajuan, proses biasanya untuk bangunan ukuran 70 meter persegi sampai rumah 90 meter persegi dua lantai. akan menghabiskan waktu 3 hari.

 

Tanpa aplikasinya, biasanya waktu yang akan membutuhkan setelah mengajukannya ke kantor dinas adalah 28 hari kerja. Dengan SIMBG prosesnya menjadi lebih sebentar dan juga mudah, yang perlu mempersiapkan hanyalah persyaratan yang lengkap.

 

 

 

Baca Juga : Syarat Membuat SLO

Info lebih lanjut silahkan hubungi kami di :

Email : info@konsultanku.com

CALL / WA : 0812-9288-9438 Catur Iswanto

Phone : 021-21799321