Sertifikat Laik Fungsi

Sertifikat Laik Fungsi

 

 

 

3 Fungsi Sertifikat Laik Fungsi dan Cara Mengurusnya

 

Membahas tentang bangunan, tanah, dan rumah seperti tidak ada habisnya. Banyak prosedur dan persyaratan yang harus terpenuhi untuk memberikan status bangunan yang aman. Salah satunya adalah Sertifikat Laik Fungsi (SLF).

 

SLF merupakan dokumen penting dalam proses pembangunan gedung. Dengan SLF, berarti bangunan memiliki status aman dan terpercaya. Memangnya, apa saja kegunaan dari Sertifikat Laik Fungsi? Simak ulasan berikut.

Fungsi Sertifikat Laik Fungsi

 

Seseorang akan memperoleh SLF jika suatu bangunan telah melalui tahap pembangunan. Setelah itu pemilik gedung mengumpulkan beberapa syarat hingga mendapatkan SLF.

 

SLF berbeda dengan Izin Mendirikan Bangunan (IMB). SLF merupakan dokumen pengesahan suatu bangunan setelah jadi, sedangkan IMB menyatakan apakah lokasi pembangunan layak atau tidak.

 

Sertifikat LAIK Fungsi dikeluarkan oleh pemerintah melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP). Berikut ini adalah beberapa fungsi SLF:

1. Bangunan Layak Pakai

 

Memiliki gedung yang nyaman adalah idaman semua penghuni. Nyaman bukan hanya tentang desain bangunan yang cantik atau luas, tapi juga berbagai faktor lainnya.

 

Pengembang harus memperhatikan dengan baik apakah suatu bangunan memang layak dan nyaman. Misalnya dari segi utilitas dan fasilitas bangunan. Beberapa fasilitas yang wajib terpenuhi oleh suatu bangunan, antara lain: pencahayaan, saluran air, instalasi listrik, dan pembuangan limbah.

2. Menyatakan Legalitas Bangunan

 

Fungsi selanjutnya yang tak kalah penting adalah memberikan dokumen legalitas dari bangunan tertentu. Dengan begitu, suatu gedung berhak memperoleh perlindungan hukum yang pasti.

 

Banyak gedung yang kemudian memiliki masalah, tetapi tidak bisa menyelesaikannya secara hukum. Salah satu penyebabnya adalah tidak memiliki dokumen-dokumen pendukung.

 

SLF membantu pemilik gedung untuk memperoleh payung hukum. Apabila terjadi hal-hal yang kurang baik, maka Anda dapat menyelesaikannya secara legal.

3. Menjamin Keamanan Penghuni

 

Keamanan adalah hal penting yang tak boleh terabaikan. Terutama jika tujuan pembangunan gedung adalah untuk bisnis. Para penghuni lebih nyaman dan percaya dengan gedung yang memiliki dokumen lengkap.

 

Contohnya jika sebuah bangunan hotel memiliki SLF, itu berarti hotel tersebut tertib secara administratif dan tidak memiliki masalah. Beberapa penghuni pastinya lebih nyaman untuk berkunjung ke hotel yang memajang SLF.

 

Lalu, apakah Sertifikat Laik Fungsi wajib? Jika melihat beberapa fungsi di atas, tentunya SLF merupakan dokumen penting dan wajib untuk pembangunan gedung.

 

Suatu bangunan layak huni jika memenuhi sejumlah aspek, seperti kesehatan, kenyamanan, kemudahan, dan keselamatan. Dengan SLF, bangunan gedung tersebut berarti memiliki beberapa persyaratan tertentu.

Bagaimana Cara Mengurus SLF?

 

Ada beberapa persyaratan yang harus Anda penuhi sebelum mengurus SLF. Persyaratannya adalah sebagai berikut:

 

  • Salinan kartu identitas, boleh berupa KTP (WNI) atau KITAS (WNA).
  • Menulis permohonan mengenai pengajuan SLF.
  • Menyiapkan SK resi, NPWP, serta Akta Pendirian dan Perubahan bagi Badan Hukum.
  • Salinan Sertifikat Hak Milik (SHM) atau Sertifikat Hak Bangunan (SHGB).
  • Gambar as build drawing dalam bentuk softcopy maupun hardcopy.
  • Berita acara bahwa pembangunan memang sudah selesai dan sesuai IMB.
  • Berita acara yang menunjukkan kelengkapan dari bangunan, termasuk fasilitasnya.
  • Laporan dari Direksi Pengawas.

 

SLF merupakan dokumen penting yang menunjukkan bahwa suatu gedung memang layak secara teknis maupun administratif.

 

Sama halnya dengan beberapa dokumen legal, SLF juga memiliki masa berlaku selama 5 tahun bagi bangunan umum. Sedangkan bangunan untuk rumah memiliki masa berlaku selama 20 tahun.

 

Sertifikat Laik Fungsi (SLF) merupakan dokumen penting yang wajib untuk gedung umum maupun pribadi. Terutama jika ingin memiliki bangunan yang aman.

 

 

Baca Juga : Syarat Membuat SLO

Info lebih lanjut silahkan hubungi kami di :

Email : info@konsultanku.com

CALL / WA : 0812-9288-9438 Catur Iswanto

Phone : 021-21799321