Izin lingkungan ini diberikan pada individu atau perusahaan yang memiliki usaha atau kegiatan yang wajib AMDAL (Analisis Dampak Lingkungan Hidup) atau UKL UPL. Izin ini diberikan untuk melindungi dan mengelola lingkungan hidup sebagai salah satu persyaratan untuk memperoleh izin usaha atau kegiatan. Pengertian UKL UPL sendiri merupakan Upaya Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Upaya Pemantauan Lingkungan Hidup. Biasanya dilakukan oleh kegiatan dan/ atau usaha yang tidak berdampak bagi lingkungan hidup, penting untuk proses pengambilan keputusan penyelenggaraan kegiatan atau usaha.

UPL UKL

sumber: google.com

Apa itu UKL UPL?

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, Pengertian UKL UPL sendiri bermanfaat sebagai panduan dalam hal pengelolaan lingkungan hidup yang harus dilakukan bagi penyelenggara usaha/ kegiatan. Akan tetapi, skala kegiatan yang diwajibkan biasanya cukup kecil dan dianggap punya dampak pada lingkungan yang tak terlalu penting/ besar. Sehingga hal ini menyebabkan kegiatan yang ada tidak dimasukkan ke dalam daftar wajib AMDAL. Namun tetap perlu dilakukan pengelolaan supaya menjamin pengelolaan lingkungan yang benar tetap terlaksana.

Individu atau perusahaan wajib mempunyai dokumen lingkungan ini dengan beberapa persyaratan dokumen penting seperti:

  • Domisili perusahaan
  • NPWP
  • Tanda daftar perusahaan
  • Perjanjian sewa tanah dan bangunan
  • Akta notaris pendirian perusahaan
  • Layout kegiatan
  • IMB serta KRK
  • Detail rencana kegiatan
  • Struktur organisasi perusahaan
  • Jadwal pelaksanaan kegiatan
  • Gambar desain teknis kegiatan

Ada pun kriteria atau persyaratan pengurusan UKL UPL mengenai kegiatan atau usaha yang memang membutuhkan izin lingkungan ini, antara lain:

  1. Memastikan bahwa jenis kegiatan atau usaha yang ada tidak termasuk ke dalam kegiatan atau usaha yang wajib dilengkapi dengan AMDAL.
  2. Memastikan bahwa jenis kegiatan atau usaha itu tidak berada di lokasi kawasan lindung.
  3. Pastikan juga kegiatan atau usaha itu tidak berada di lokasi yang tidak sesuai tata ruang kawasan setempat.
  4. Memastikan potensi dampak kegiatan atau usaha tersebut telah terdapat teknologi untuk menanggulangi dampak yang ada.
  5. Memeriksa aturan dari Menteri Departemen Sektoral/ LPND mengenai jenis kegiatan atau usaha yang wajib UKL/ UPL.
  6. Menetapkan jenis dan/ atau skala usaha/ kegiatan tersebut.

Jasa pengurusan UKL/ UPL turut hadir dalam membantu Anda mendapatkan izin lingkungan agar usaha atau kegiatan yang mau diadakan berjalan lancar secara illegal. Di sini kami berniat membantu Anda mendapatkan izin lingkungan sesuai dengan ketentuan perundangan-undangan yang berlaku.

Jika Anda masih bingung atau terlalu ribet mengurus tentang izin lingkungan berupa UKL UPL maupun AMDAL, maka silahkan menghubungi kami. Kami juga menawarkan konsultasi serta pengurusan izin sampai selesai. Hal ini karena mekanisme pengajuan izinnya yang memang termasuk rumit.

Email : info@konsultanku.com

CALL / WA : 0812-9288-9438 Catur Iswanto

Phone : 021-21799321