021 21799321 info@konsultanku.com
Kajian SLF Bandung

Kajian SLF Bandung

kajian SLF Bandung bagi Anda yang hobi membangun gedung, tentu sudah familier. Sertifikat ini sifatnya wajib dan memiliki sejumlah sanksi administrasi bila tidak diurus pasca konstruksi bangunan berakhir. Masalahnya, masih banyak masyarakat yang belum tahu mengenai SLF berikut fungsinya.

Kajian SLF Bandung: mengenal ketentuan permohonan SLF

Setiap negara memiliki peraturan yang mengikat salah satunya perizinan pembangunan. Bicara tentang izin pembangunan, ada yang disebut sebagai SLF. Izin sertifikat yang dibuat setelah proses pembangunan berakhir. Dan berlaku baik untuk gedung bangunan pribadi maupun gedung umum.

Uniknya, permohonan pengajuan SLF tidak hanya diajukan pada satu instansi saja. Terdapat 3 instansi yang memiliki wewenang untuk menerbitkan SLF di antaranya adalah:

  • Pemda

Pemerintah daerah bertanggung jawab sepenuhnya untuk melaksanakan proses penerbitan SLF bagi seluruh bangunan terkecuali bangunan gedung fungsi khusus.

  • Menteri PU

Sementara Menteri PU memiliki wewenang penuh untuk mengurus penerbitan SLF gedung fungsi khusus di DKI Jakarta. Karena domisili Anda di Bandung dan menggunakan jasa kajian SLF Bandung, otomatis pengajuan tidak dilakukan di Menteri PU.

  • Gubernur

Dan selanjutnya adalah gubernur yang bertanggung jawab untuk mengawasi dan melaksanakan penerbitan gedung fungsi khusus di provinsi. Sebagai satu dari sekian banyak tugas dekonsentrasi yang dibebankan oleh pemerintah.

Usai mengetahui pada siapa pengurusan SLF dilakukan, penuhi persyaratan berkasnya. Berkas yang dibutuhkan cukup banyak dan rumit, setiap berkas bahkan harus diurus di kantor yang berbeda. Itulah mengapa banyak perusahaan atau pebisnis yang memilih menggunakan jasa kajian SLF karena dinilai efisien.

Salah satu berkas utama yang wajib disertakan antara lain IMB. Berkas ini menjadi syarat mutlak yang tidak bisa dihilangkan dari persyaratan penerbitan SLF. IMB juga menjadi bukti mutlak jika pembangunan gedung bangunan Anda dilakukan secara legal.

Selain menyertai IMB, pemohon juga wajib menyerahkan sertifikat hak tanah. Barang siapa yang mendirikan gedung bangunan di tanah sengketa, maka tidak diluluskan penerbitan SLF-nya. Permohonan SLF yang dilakukan akan langsung ditolak.

Berapa lama SLF Berlaku?

SLF sifatnya wajib tapi memiliki batas masa aktif yang harus diperpanjang sebelum deadline kadaluwarsa.

Penting bagi konsultan kajian SLF Bandung menginformasikan lamanya masa berlaku SLF pada seluruh klien sehingga klien bisa mempersiapkan dengan baik:

  • Berlaku 5 Tahun

Beberapa gedung memiliki kualifikasi pembangunan yang nantinya akan dimasukkan dalam klasifikasi masa berlaku SLF. Gedung rumah tinggal tidak sederhana contohnya, gedung ini memiliki masa berlaku SLF kurang lebih selama 5 tahun. Dan berhak melakukan perpanjangan maksimal 2 bulan sebelum masa aktif berakhir.

  • Berlaku 20 Tahun

Sementara gedung tempat tinggal atau gedung lainnya dengan total dua lantai berhak menikmati masa aktif SLF hingga 20 tahun lamanya. Umumnya SLF ini dipegang oleh pemilik rumah pribadi.

  • Tidak Butuh Diperpanjang

Dan terakhir adalah rumah tinggal tunggal  atau rumah deret sederhana. Tidak ada penjelasan kapan masa aktif SLF yang diberlakukan. Sehingga pemilik gedung bangunan tidak perlu mengeluarkan waktu dan tenaganya demi memperpanjang SLF.

Apa penjelasan mengenai SLF sudah cukup jelas? Atau Anda masih belum paham dengan poin-poin yang telah dijelaskan di atas. Jangan khawatir! Jika Anda butuh konsultasi atau saran lainnya, Anda bisa menghubungi jasa kajian SLF.

Jasa kajian SLF memiliki pengetahuan luar dalam perihal SLF. Mereka tidak hanya berpengalaman tapi juga bekerja secara profesional. Pilih layanan kajian SLF Bandung yang bisa Anda andalkan. Dan pastikan jika jasa SLF tersebut sudah terkenal di kalangan pemilik gedung bangunan juga bereputasi baik.

Baca Juga : Mengenal persyaratan penerbitan SLF

Info lebih lanjut silahkan hubungi kami di :

Email : info@konsultanku.com

CALL / WA : 0812-9288-9438 Catur Iswanto

Phone : 021-21799321