+621 72734224 info@konsultanku.com

Izin Usaha Industri (IUI)

Izin usaha industri (IUI) menjadi perhatian utama bagi pebisnis yang bermaksud menjalankan usaha industri.  Tidak memegang IUI sama saja mendorong industri yang Anda bangun ke jurang kegagalan.

Mengapa? Karena izin operasional yang seharusnya dipenuhi justru disepelekan sehingga bisnis yang dilakoni memperoleh julukan baru yakni “industri ilegal”

Izin usaha industri (IUI) ; Mekanisme pengurusan izin usaha industri

Proses pembuatan IUI jauh lebih mudah karena pemerintah menerima pendaftaran via daring maupun offline. Silahkan simak mekanisme lengkap dari pengajuan IUI online atau offline berikut ini:

  1. Mekanisme Urus IUI Online

Jika di rumah Anda tersedia peralatan kantor yang canggih termasuk PC/ laptop, WiFi, printer dan scanner. Ada baiknya lakukan pengurusan IUI scara online. Bagaimana proses registrasinya?

  • Pertama-tama, silakan Anda buat akun resmi di DPMPTSP.
  • Lakukan verifikasi berkas administrasi sesuai format yang diminta. Pastikan gambar, teks dan lampiran apa pun yang Anda scan jelas dan terbaca dengan baik. Jika lampiran yang dikirimkan cacat, registrasi administrasi IUI Anda akan dianggap gagal. Dan Anda harus mengulangi kembali.
  • Jika proses verifikasi berjalan dengan lancar, Anda akan diminta untuk memvalidasi berkas registrasi IUI.
  • Tunggu staf yang berwenang datang ke perusahaan industri Anda untuk melakukan survei lapangan. Keputusan yang mereka buat sangat berpengaruh terhadap kelulusan IUI Anda. Jadi persiapkan diri sebaik mungkin terutama informasi-informasi penting yang dibutuhkan.
  • Ketika survei lapangan Anda lulus, Anda akan menerima pesan singkat kode bayar juga nominal SKR. Silakan membayar biaya pembuatan IUI-nya via teller Bank atau ATM.
  • Sebelum IUI dicetak, pemohon harus mengisi SKM terlebih dahulu yang menandakan persentase kepuasan Anda akan layanan yang diberikan.
  • IUI yang sudah dicetak tidak harus diambil seorang diri ke kantor layanan. Karena petugas kantor pos yang akan mengantarkan surat IUI tersebut ke alamat rumah atau kantor Anda. Maka pastikan detail alamat ditulis dengan baik dan benar.
  1. Skema Urus IUI Offline

Anda yang memiliki cukup banyak waktu luang untuk melakukan pengurusan IUI seorang diri, silakan ajukan via offline. Sebelum mengunjungi kantor yang berwenang, pastikan seluruh persyaratan sudah dibawa.

  • Langah pertama urus surat izin untuk usaha industri kecil dengan mendatangi tempat pelayanan perizinan yang berwenang di kota Anda.
  • Setelah itu, sampaikan tujuan Anda ke petugas yang berwenang. Nantinya petugas akan memandu Anda untuk registrasi IUI secara online.

Syarat mengurus IUI

Mengumpulkan persyaratan sebelum ajukan IUI merupakan urutan yang tepat. Macam-macam dokumen yang dipertanyakan sangat mudah dikumpulkan apabila Anda mengawali industri secara legal.

  • Berkas Dokumen Umum

Dokumen umum yang dimaksud adalah dokumen pribadi meliputi scan asli kartu NPWP dan scan KTP.

  • Bukti Pelunasan PBB

Tidak lupa lampirkan pula tanda bukti pelunasan PBB. Scan surat bukti pembayaran dari tahun terakhir.

  • Surat Keterangan yang Dimandatkan Pengelola Kawasan Berikat

Syarat sah lain untuk menerbitkan surat izin untuk usaha industri adalah surat keterangan yang diberikan oleh Pengelola Kawasan Berikat pada nama industri Anda.

  • Daftar Peralatan dan Mesin Dengan Tandatangan Pimpinan

Scan dan upload daftar peralatan dan mesin lengkap yang digunakan dalam industri. Setelah datanya dibuat, bubuhkan tandatangan pimpinan perusahaan di atasnya.

  • Surat Pernyataan Pelestarian Lingkungan

Surat pernyataan ini memiliki beberapa kondisi Umumnya berfungsi sebagai pengganti  berkas izin lingkungan dan SPPL.

Itulah informasi menarik seputar IUI, Anda yang setelah lulus berencana untuk membangun bisnis industri wajib mempersiapkan diri untuk membuat surat izinnya. Karena dengan izin usaha industri (IUI), bisnis yang Anda bangun dan kembangkan dianggap legal oleh pemerintah.

Baca Juga : Mengenal persyaratan penerbitan SLF

Info lebih lanjut silahkan hubungi kami di :

Email : info@konsultanku.com

CALL / WA : 0812-9288-9438 Catur Iswanto

Phone : 021-21799321